Kanker Paru Paru dan Penyebabnya

Kanker paru-paru adalah suatu penyakit yang bertumbuh pada bagian tubuh. Penyakit kanker paru-paru bisa merupakan penonjolan atau pertumbuhan sel yang tidak wajar yang dapat terjadi pada bagian apa saja dari tubuh kita. Karena itu sering kita dengar ada berbagai penyakit kanker seperti kanker kulit, kanker usus, kanker tulang, dan kanker payudara.

Penyakit kanker paru-paru yaitu semacam kanker atau penyakit yang tumbuh di paru-paru. Dengan demikian organ paru yang seharusnya bebas dari segala penyakit, kita ikut dihinggap oleh kanker. Akibatnya si penderita kanker paru-paru akan sulit untuk bernapas, karena paru-parunya mulai digerogoti oleh kanker paru-paru.

Seperti yang kita ketahui tubuh kita ini terdiri dari banyak sel, dan masing-masing sel tumbuh dan mati, melalui degenerasi. Pertukaran sel ini dimaksudkan agar terdapat stabilitas dan kesehatan tubuh. Namun seringkali proses regeneratif ini mengalami kegagalan. Material sebuah sel bisa saja rusak dan berubah. Akibatya sel yang semula berproses secara teratur karena suatu kelainan menjadi tidak normal. Bisa saja sel mula tidak bisa digantikan oleh sel baru, disinilah terjadi petaka yang paling buruk dan sel baru itulah yang menjadi petaka dari asalnya kanker.

Penyakit kanker paru-paru berasal dari sel-sel yang ada dalam paru-paru, tetapi kanker itu bisa juga berasal dari kanker yang berasal dari bagian tubuh lainnya menyebar dab sampai ke paru-paru. Kanker paru-paru merupakan gangguan yang paling sering terjadi dan mengganggu pernapasan. Kanker ini juga merupakan akibat utama dari kematian para penderita kanker yang dimaksud.

Penyebab kanker paru-paru

Kanker paru-paru disinyalir disebabkan oleh merokok, karena itu hampir 95% penyebab kanker paru-paru disebabkan terutama oleh rokok. Menurut penelitian sekitar 90% laki-laki perokok menderita kanker paru-paru dan sekitar 70% diderita oleh wanita perokok. Semakin banyak rokok yang disulut semakin besar pula risiko terkena serangan kanker paru-paru ini. Karena itu setiap produk rokok yang dilempar ke pasaran diwajibkan mencantumkan peringatan bahwa merokok itu bisa menyebabkan kanker dan kerusakan yang dapat ditimbulkannya juga bagi wanita hamil.

Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa hanya sekitar 15% saja laki-laki dan 5% wanita, kanker yang dideritanya disebabkan oleh selain dari rokok. Sedangkan penyebab lain karena terhisap oleh penderita di tempat lain terutama di lingkungan kerja, seperti akibat radiasi, debu asbes, nikel, klorometil eter, gas pancaran oven arang yang bisa menyebabkan kanker paru-paru juga.

Namun penyebab lain ini dianggap sangat kecil persentasenya dibandingkan dengan asap rokok. Peran polusi udara menyebabkan kanker paru-paru masih belum begitu jelas. Dalam beberapa kasus yang timbul karena adanya serangan dari gas radon di rumah-rumah tangga. Kadang-kadang kanker paru-paru terjadi pula pada orang yang paru-parunya lebih memiliki jaringan dengan gangguan paru lainnya, seperti TBC atau fibroses.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Paru Paru and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.